Asap? Salahkan Jokowi? Ya Pastilah!

Ya kali mau salahin bokap gw… tetangga gw, bini gw.. O_o

Pembakaran lahan, bencana asap, salahkan Jokowi (Presiden), ya pasti, dan siapapun presiden Indonesia saat ini pasti diomelin rakyat Indonesia dan tetangga Indonesia gara-gara asap!

Ya mau menyalahkan siapa lagi? Bokap gw? bokap lu? Lah dia kan presiden???

Analoginya kira-kira seperti ini deh:

Anak Gw Main Api

Gw punya anak ya, main bakar-bakaran sampah di deket pos hansip, mana ada rumput-rumput kering pula, trus apinya nyamber ke mana-mana, kebakar deh tu pos hansip dan rumpu-rumput sekitarnya dan terjadi bencana asap RT. Nah yang salah siapa?? ya pasti anak itu, gw?? sebagai bokapnya pasti juga disalah-salahin, kenapa lu ga bisa jaga, ngasih pendidikan, elearning, buku yang bisa ngasih pelajaran buat anak gw supaya ngga mainan api.

Analogi ini pernah gw utarakan di Facebook, tapi ada yang bilang, anak gw punya otonomi sendiri, WTF, maksudnya mungkin wilayah-wilayah di Indonesia yang sedang mengalami bencana asap punya otonomi sendiri dan pembakaran lahan itu akibat ulah pejabat wilayah tersebut. Memang iya! tapi otonomi bukan berarti out of control dari pemerintah pusat! Tetep harus under control dari pemerintah pusat, kalo ngga gitu jadi negara sendiri dong???

Alasan lagi ada, musim kemarau, ya kasih himbauan lah, bahaya api di musim kemarau, ngga usah ngeles salahkan alam semesta dan cuacanya. Kalau mau pusat bisa kok tight control atas wilayah-wilayah itu dan aktifitas-aktifitas perusahaan, pembukaan lahan, pertambangan, dll… kan punya kuasa penuh masa ngga bisa kasih himbauan, perintah, pencegahan, atau karena soal uang jadinya dibiarkan? atau pura-pura ngga tau bakal ada pembukaan lahan?

Ngga Usah Salahkan Jokowi

Ada yang bilang (banyak), ngga usah salah-salahkan Jokowi, lu udah berbuat apa untuk negeri ini.

Gw kasih tau, taat berlalu lintas aja udah berbuat untuk negeri ini kok, nyumbang untuk anak-anak jalanan juga udah berbuat sesuatu untuk negeri ini, ngga update status2 alay di media sosial juga udah menjaga negeri ini dari kehancuran mental, pake pertamax ketimbang BBM bersubsidi juga itu berbuat seuatu untuk bangsa ini.

Jangan ngarep berlebihan lah, lu minta gw, kita berbuat seperti apa untuk negeri ini?? Presiden dan rakyat punya wilayah pertanggung jawaban yang berbeda untuk dirinya dan untuk bangsa ini, masa lu ngarep gw bikin undang-undang, nangkepin, gebukin bos-bos perusahaan pembakar hutan? Naif bro dan sis! Masing-masing komponen bangsa punya ranahnnya sendiri-sendiri dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

sekali lagi rakyat mau salahkan siapa? Bokap lu? ya jelas presiden lah, dia kan pemimpin.

Kasus Aceh Singkil, pembakaran rumah ibadah, siapa yang dicopot? Kapolres kan? masa bokap lu yang mau dipecat dari kerjaannya?? Kapolres kan pemimpin keamanan, kalau dianggap lalai ya pasti disalahkan, walaupun anak buahnya juga pasti salah karena juga lalai dan lambat.

Gw bukannya mau provokasi ente-ente, tapi meluruskan, yang harus bertanggung jawab ya harus bertanggung jawab. Tanggung jawab besar atas persoalan-persoalan bangsa ini ada di pundak Pak Jokowi. Kita, rakyat, wajib mengkontrol pemerintah, karena kita yang memilih mereka dan Pak Jokowi.

Ngga usah muluk-muluk berbuat sesuatu untuk negeri ini, buang sampah pada tempatnya itu sudah membantu pak Jokowi dan teamnya mengatasi masalah bangsa ini, lu ciptakan lapangan kerja sekecil apapun untuk lu sendiri dan temen-temenlu udah merupakan perbuatan baik untuk negeri ini.

Leave a Reply

