Penembak Misterius Ala Supir Taksi

Kemarin, 13 Nopember 2011, setelah 3 malam menginap dan begadang di sebuah residence di daerah jakarta selatan untuk keperluan pekerjaan, saya pulang ke Kos saya di Kelapa Gading. Saya menggunakan jasa taksi burung biru.

Di dalam taksi, seperti biasa, si supir dengan inisial KF mengucapkan salam dan akhirnya kami mengobrol sepanjang perjalanan. Banyak hal, mulai dari Pekerjaan Pengeboran sampai ke ranah politik tanah air.

Ada 1 hal menarik yang dia ceritakan.

Saat obrolan kami menyinggung soal jaman Pak Soeharto berkuasa, saat itulah dia menyinggung soal Penembak Misterius atau yang sangat dikenal dengan sebutan PETRUS di mana para preman-preman bertato dihabisi (dibunuh-ditembak) oleh penembak-penembak jitu misterius yang lihai bersembunyi.

Supir taksi itu menegaskan bahwa, PETRUS adalah oleh-oleh dari jaman kekuasaan Soekarno. Di mana, menurut cerita supir taksi itu, jaman Soekarno adalah jaman yang sangat keras, penuh dengan pemberontakan di seluruh penjuru negeri. Akibatnya, tentara-tentara yang merasa bosan, lelah dan muak untuk melawan pemberontakan-pemberontakan itu melakukan desersi. Tidak diceritakan berapa banyak tentara yang desersi.

Ketika Pak Soeharto mulai berkuasa, tentara-tentara yang desersi tersebut dianggap membahayakan, karena salah satu alasannya mereka punya senjata, mereka bisa saja bersatu setiap saat, mengumpulkan kekuatan dan memberontak, bisa saja mereka menjadi biang kejahatan di masyarakat. Nah, dengan dalih tersebut, perintah PETRUS pun dikeluarkan untuk menghabisi tentara-tentara yang desersi tersebut. Ditembaki dan dikarungi dan ditinggal dipinggir jalan. Konon, pada ikatan karung diselipkan sejumlah uang kertas untuk siapa saja yang bersedia menguburkan mayat-mayat korban PETRUS.

Hmmm, saya pun cukup terkejut, karena selama ini musuh PETRUS itu adalah para preman-preman bertato. Cuma, cerita versi supir taksi ini jangan dijadikan sebagai 100% acuan kita untuk memahami sejarah yang sebenarnya. Mungkin saja supir taksi ini diceritakan oleh temannya atau ayahnya, mungkin juga benar dia adalah termasuk keturunan orang-orang yang hidup saat PETRUS terjadi

Advertisements

2 thoughts on “Penembak Misterius Ala Supir Taksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s