Mengapa Kata “Ambulance” Ditulis Terbalik?

ambulan-ambulance-ambulans

Pertanyaan yang pernah saya post juga di wall facebook. Pertanyaan yang cukup mudah dan umum. Dari sekian ratus “teman” di facebook hanya beberapa (not more than 10%) merespon pertanyaan ini. It’s OK! Mungkin pertanyaan saya tidak penting (lebih penting pamer status sepertinya).

Ada yang menjawab serius, ada juga jawaban yang lucu, dan bahkan ada yang “menuduh” pertanyaan tersebut saya post hanya untuk meramaikan wall facebook saya. Well, memang wall saya tidak terlalu bagus (sepi dan saya tidak peduli). Tidak apa, mereka bebas berkomentar. Walaupun saya hanya ingin sekali-sekali berbgai ilmu atau apapun yang berguna di wall facebook.

Jawaban yang akan sering dilontarkan adalah “Karena supaya kata ambulance bisa dibaca dengan benar (tidak terbalik) melalui kaca spion”. Yup, itu jawaban yang paling umum dan mungkin yang paling masuk akal sampai saat ini, tapi sebenarnya saya mengharapkan jawaban lain yang lebih tepat (lebih logis).

Mengapa?

“Mengapa” adalah kata tanya yang dipakai untuk menegaskan pertanyaan ini. Menurut saya jika suatu pertanyaan diawali dengan “mengapa”, seharusnya dijawab dengan suatu keadaan sebelum apa yang ditanyakan itu terjadi, dan bukan akibat dari apa yang ditanyakan tersebut.

Seperti “Mengapa kata “Ambulance” ditulis terbalik pada bagian depan mobil ambulan?”

Apa yang ditanyakan? KATA “AMBULANCE” DITULIS TERBALIK . Lalu ditegaskan dengan kata “MENGAPA”, berarti pertanyaan tersebut mengharapkan penyebab kejadian KATA “AMBULANCE” DITULIS TERBALIK dan bukan mengharapkan apa yang diakibatkan setelah KATA “AMBULANCE” DITULIS TERBALIK.

Karena sudah sangat jelas pertanyaan adalah Mengapa… dan bukan “Untuk apa kata “Ambulance” ditulis terbalik pada bagian depan mobil ambulan?” yang biasanya dijawab dengan “Karena supaya kata ambulance bisa dibaca dengan benar (tidak terbalik) melalui kaca spion”.

OK, sekali lagi pertanyaan adalah mengapa…

dan jawaban saya sendiri adalah “Karena kendaraan lain memiliki kaca spion”! Coba anda cerna. Apakah Anda setuju dengan jawab saya? Apakah mungkin jika kendaraan lain tidak memiliki kaca spion atau anggap saja kaca spion tidak pernah sekalipun diciptakan oleh manusia, maka “AMBULANCE” akan ditulis terbalik?

Sekali lagi seharusnya Anda memberikan saya jawaban yang menerangkan bagiamana bisa kendaraan diberi kaca spion. Apa yang menyebabkan kendaraan diberi kaca spion.

Bukan untuk apa kendaraan diberi kaca spion, karena pasti jawabannya adalah supaya pengendaranya bisa melihat ke arah belakang kendaraan tanpa harus menolehkan kepala.

OK, menurut saya jawabannya adalah karena ada kendaraan lain.

Anda bisa memikirkan jawaban yang lain, dengan konsep pemikiran yang sama.

Saya sudah memberikan dua contoh pertanyaan, Ambulance dan Kaca Spion. Dua-duanya mengharapkan jawaban dengan konsep yang sama, yaitu kejadian apa yang menyebabkan kejadian yang lain (yang ditanyakan).

Apakah ini pelajaran Bahasa Indonesia? hmm… bisa jadi iya, tapi maksud saya adalah ingin menyampaikan bagaimana seharusnya pola pikir kita ketika menghadapi suatu kejadian (masalah). Apakah ini merupakan bagian dari Ilmu Problem Solving? Tentu saja bisa.

Leave a Reply

