Industri Yang Menjanjikan

Bekerja sendiri, bekerja di perusahaan atau membuka suatu usaha sendiri, sebaiknya benar-benar memikirkan dan memilih, industri apa yang akan kita masuki.

Mengapa? Karena kita harus tahu bahwa industri tersebut akan sanggup bertahan hidup agar kita sebagai pelaku di dalam industri tersebut dapat juga bertahan hidup. Intinya, jika industri tersebut mati atau kurang bisa memberikan penghidupan (uang) bagi pelakunya, maka kita sebagai pelaku akan turut menderita; atau sebaliknya, jika industri tersebut tumbuh dengan subur dan dapat memberikan penghidupan yang cukup bahkan lebih bagi pelakunya, maka kitapun akan bisa bertahan hidup dengan baik.

Lalu apa saja industri-industri yang menjanjikan? Berikut adalah menurut pandangan saya sendiri.

Teknologi Informasi
Baik perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware) sama-sama mempunyai induk teknologi informasi. Industri teknologi informasi, menurut apa yang saya “baca”, akan terus tumbuh dengan subur mengingat teknologi informasi dengan segala produknya sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas kehidupan sehari-hari.

Hampir segala umur menikmati produk-produk teknologi informasi. Dari anak balita yang jaman sekarang sudah mulai diperkenalkan dengan personal komputer (PC) sampai orang-orang lanjut usia yang sibuk dengan gadgetnya (Blackberry, iPad) untuk berkomunikasi dengan sanak saudaranya.

Contoh-contoh produk teknologi informasi adalah:

  1. Handphone
  2. Smartphone
  3. Komputer
  4. Notebook/Netbook
  5. USB Flash Drive/Flash Disk
  6. Komputer Tablet (misal: iPad)
  7. Website
  8. Aplikasi-aplikasi komputer seperti Windows, Linux, Photoshop, Corel, Accurate (akunting), Kaspesky (anti virus), dan masih banyak lagi yang lain.

Lalu apa yang bisa diperbuat oleh  para pelaku di industri teknologi informasi?

Mereka bisa menjadi pembuat aplikasi (software) atau website, baik menjadi programmer atau menjadi pengusaha pembuat aplikasi dengan merekrut programmer profesional. Atau mungkin menjadi reseller software.

Bermain di sektor hardware juga bagus. Entah menjual jasa perakitan komputer, membuka toko komputer, toko handphone dan juga menjadi reseller dan menawarkannya melalui internet (website), mailing list (milis) dan bahkan dari mulut ke mulut.

Makanan
Mahkluk hidup pasti perlu makan. Itulah yang membuat industri makanan tumbuh dengan subur. Segala jenis makanan, dari yang masih mentah (sayur mayur, daging), makanan yang siap saji (McD, KFC), maupun makanan sisa (untuk makanan ternak) pun bisa memiliki daya jual.

Tinggal bagaimana sang pelaku industri makanan mengolah makanan tersebut. Ramuan yang unik dan rasa yang enak, pengemasan makanan dan cara penyajian akan menentukan apakah produk makanan tersebut akan berhasil terjual di pasar atau tidak. Jangankan untuk manusia, makanan kucing pun sekarang memiliki pengemasan yang baik.

Apa yang bisa dilakukan? Membuka restoran, warung nasi, toko sembako,  membeli franchise dari merk-merk terkenal, membuka usaha catering, menjadi reseller pun juga sangat memungkinkan.

Cuma dua indusrti di atas yang bisa saya sampaikan, bukan berarti industri-industri lain tidak bisa menghidupi Anda, hanya saya melihat kedua industri tersebut di atas sangat baik perkembangannya hingga detik ini. Saya tidak menyinggung masalah teknis, seperti modal, perhitungan biaya bisnis ataupun perusahaan-perusahaan yang terkait dengan industri di atas (kecuali nama produk) karena saya tidak mengajak Anda menjadi fanatik dan skeptis dengan industri yang lain.

Semua kembali kepada sang pelaku industri, jika pelakunya menjalankan industri tersebut dengan baik, mengikuti aturan-aturan dan mau belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain maupun diri sendiri, maka industri tersebut akan berkembang dengan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s